Cara Setting Wifi Pada Nokia 9300i

Unknown | 5:09:00 AM | 20 komentar

Bagi Anda pengguna HP Nokia 9500 & 9300i pasti ingin sekali memanfaatkan fitur WIFI (wireless Fidelity) yang ada pada Kedua tipe HP tersebut. WLAN yang dimiliki Nokia 9500 & 9300i adalah Wi-Fi 802.11b untuk N9500 dengan kecepatan Maksimum 11MBps dan Wi-Fi 802.11g untuk N9300i dengan kecepatan Maksimum 54MBps. Untuk Konfigurasi atau cara settingan WIFInya sendiri tidaklah terlalu sulit. Berikut ini langkah-langkahnya :

Pilih Desk
Pilih Tools
Pilih Control Panel
Pilih Connections
Pilih Wireless LAN
Pilih Networks (untuk melihat Hotspot yang terdeteksi)
Pilih Hotspot yang terdeteksi
Pilih "Create Access Point" dan OK
Jika Hotspot yang dipilih tidak menggunakan Wifi Key, maka secara otomatis akan terlihat detil dari Access point yang baru tersebut, Namun jika Hotspot tersebut memiliki Wifi Key sebagai otentifikasi networknya maka langkah Anda Selanjutnya :
Pilih Menu Tab Security
Pilih Enkripsinya WEP/WPA
Lalu masukkan Wifi Keynya.

Catatan : Untuk Access point yang menggunakan Enkripsi WEP, Anda harus mengubah ASCII menjadi Hex . Dan Pilihan Encryptionnya 40 = 64Bit - 104 = 128Bit


Selamat Ber-WiFi ria ...!!!

http://nds2.nokia.com/tutorials/support/global/phones/9300i/english/index.html

Category:

About Wan Adamsyah Rival Baros:
Adam adalah seorang Profesional Blogger, Online Enteprenuer, Web Designer, Web Developer, IT Support and Trainer. Saya memulai blogging sejak 2006 dan memutuskan untuk menjadi profesional blogger di tahun 2009. Tulisan saya banyak bercerita mengenai Teknologi Informasi dan perkembangannya.

20 comments:

  1. kenapa 9300i saya gak bisa nampilin networks (hotspot) yang tersedia?padahal saya sudah berada dalam area hotspot..dan koneksi menggunakan laptop di tempat yang sama sudah berhasil..

    apa fitur wi-fi harus dinyalakan terlebih dahulu seperti pada laptop?

    ReplyDelete
  2. oh iya mas, jika kita melakukan settingan secara manual kita harus aktifkan dulu fitur wifinya terlebih dahulu, beda jika menggunakan fasilitas easy wlan yang ada

    ReplyDelete
  3. MAs admin, hp saya type 9300, bisa ngga connect internet wireless, kayak 9300i ini? Kalo iya, apa bedanya?Thanks atas balasannya.

    ReplyDelete
  4. Sayang sekali mas, untuk 9300 belum disediakan fitur WIFI. Koneksi yang disediakan berupa :
    # EGPRS* Multislot class 10
    # Transfer data hingga 236,8 kbit/detik dalam jaringan EDGE
    # GPRS (General Packet Radio Service) Multislot Class 10
    # Transfer data hingga 53,6 kbit/detik dalam jaringan GPRS
    # Circuit-Switched Data
    # HSCSD (High-Speed Circuit-Switched Data)*

    jadi ni juga yang merupakan perbedaan antara 9300 dengan 9300i

    ReplyDelete
  5. bagaimana cara mematikan easy wlan nya karena saya sudah buat account profile internet sesuai dengan setting , ip,dns,wep dll. tapi masih aktif juga easy wlannya. padahal account yang manual tersebut sudah di prioritas utama.

    ReplyDelete
  6. halo mas, boleh nanya dunk, saya pengguna nokia 9300i, saya ingin connect ke wifi yang terproteksi, bagaimana caranya? kata tmen saya harus di daftarkan dulu ipconfignya, apa iya? trus dimana saya harus mencari ipconfignya? katanya ada 12 digit, namun setelah saya cek di Acces point dengan tekan view details disitu diinformasikan bahwa nama wirelesnya yang terdeteksi dengan nomor BSSID apa itu sama dengan ipconfignya? terima kasih sebelumnya, salam, juanda

    ReplyDelete
  7. ipconfig = untuk melihat konfigurasi ip di hpnya. biasanya itu digunakan jika koneksi Acces Pointnya tidak DHCP (tidak bisa memberi IP secara otomatis) sehingga anda harus setting manual di HP.

    BSSID = itu merupakan SSID dari Wireless Access Point itu sendiri, itu merupakan penamaan untuk wirelessnya.

    mungkin yang teman atau mas maksud itu adalah security code, biasanya enkripsinya berupa WEP (10 digit hexadecimal)atau WPA. Jika WAP ditempat anda memang terdapat/meminta security code, ni agak sulit untuk bisa masuk secara rahasia (bukan tidak bisa :D), sebaiknya anda meminta security kode (code digit) pada penyedia WAP tsb.

    ReplyDelete
  8. saya juga pake n9300i, dan sudah saya seting sesuai dengan petunjuk di atas tapi teteap blm bisa kenapa ya, mohon penjelasan.

    ReplyDelete
  9. Saye juga pakai 9300i, saye dah tahu password bagi Pre-shared key tapi bila saye nak buka website dan saye connect Easy WLAN tapi dia keluar lagi Network Connection. saye cuba sekali lagi dia keluar cannot find wireless network atau Disconnected . mohon penjelasanhttp

    ReplyDelete
  10. Coba di restart nokianya, matikan lalu nyalakan kembali

    ReplyDelete
  11. saya baru mau beli 9300i tapi g bisa memilih barang 2nd, seandaainya masi nyetok si nokia :|

    ReplyDelete
  12. mas saya gak ada sett' wat WEP/WPA nya ya....tolong dibantu

    ReplyDelete
  13. Mas Admin,saya menngunakan nokia 9500,setelah mengikuti langkah diatas pd saat akan create acces point,menu tsb ada tp tidak bisa diakses.Bagaimana cara mengaktifkan tombol create access point ?

    ReplyDelete
  14. Untuk teman2 yang ingin mengetahui tutorial langsung dengan visualisasi N9300i bisa kunjungi : http://nds2.nokia.com/tutorials/support/global/phones/9300i/english/index.html. karena akan lebih mudah dan dimengerti.

    ReplyDelete
  15. udah kok mas tp hasilnya selalu network not found n lg tmbah bgg cb spesifikasinya mas nokia 9300 i yg lbh detail soal Wlan n setingannya. mkasih

    ReplyDelete
  16. mas tlg dunk spesifikasi seting wlan 9300i aq udh bolak balik nyari dan susah mecahin nya.. yg detail ya mas makasih

    ReplyDelete
  17. @untuk semua: saya rasa langkah diatas sudah paling detil, karena saya sudah mencobanya berulang-ulang kali. coba perhatikan dan lakukan pointnya satu per satu. jika memang settingan anda sebelumnya sudah ada, coba dihapus dahulu, lalu dibuat yang baru, hal ini lumrah terjadi untuk perangkat WIFI.

    ReplyDelete
  18. very nice..
    thanks sob....
    informasi anda sangat membantu sekali.

    ReplyDelete
  19. makasih tutorialnya, saya juga agak bingung dan mencari referensi tutorial step by stepnya, mungkin untuk lebih mudah lagi ditambahin gambar seperti di n.... itu, thx

    ReplyDelete
  20. seto
    kenapa 9300i saya gak bisa nampilin networks (hotspot) yang tersedia?padahal saya sudah berada dalam area hotspot..dan koneksi menggunakan hp china di tempat yang sama berhasil..

    kemudian saya tanyakan kepada nokia care, kata mereka bahwa wifi 9300i memang sudah tidak support lagi dan artinya tidak bisa digunakan. Apakah teman-teman yang masih menggunakan nokia n9300i mengalami masalah yg sama dg saya mohon info ke setoshinta77@yahoo.com

    ReplyDelete