Cara Konfigurasi Dasar Linksys WRT54G Sebagai Server Gateway Internet

Unknown | 12:18:00 PM | 48 komentar





Linksys WRT54G merupakan Broadband Router yang dilengkapi dengan wireless b/g. WRT54G dapat dijadikan sebagai server gateway untuk koneksi internet anda, umumnya yang berkonseksikan "broadband internet accses". Untuk mengkonfigurasi router ini sangatlah mudah. Berikut langkah-langkahnya :

Pertama "Setting IP WAN & LAN" :

- Siapkan/nyalakan Router Linksys WRT54G anda.
- Sambungkan kabel data (UTP Straight kabel) ke port LAN komputer/Laptop Anda.
- Setting IP pada komputer/laptop anda menjadi DHCP agar lebih mudah.
- cek ip, netmask dan gateway yang diterima komputer anda.
- buka browser anda dan masukkan ip gateway komputer anda tadi, defaultnya http://192.168.1.1/ .
- Nah, akan muncul form password untuk akses ke routernya, default user/pass : admin
- Pada internet Connection Type nya silahkan dipilih : DHCP atau Static, ini tergantug ISP yang Anda gunakan.
- lalu masuk ke settingan Network Setup, Settingan LAN sesuai keinginan anda atau biarkan saja untuk default.

Jika Anda memilih DHCP disable maka anda harus memasukkan IP, Netmask, Gateway dan DNS secara manual untuk setiap klien.
- untuk Time Zonenya pilih GMT+7 untuk indonesia, yang laen terserah Anda.
- lalu Save Setting.
- Nah sampai disini, Client yang menggunakan kabel sudah dapat terkoneksi ke internet.

Kedua "Settingan WIFI" :

- pilih Menu Wireless
- wireless network mode sebaiknya dipilih Mixed agar support ke tipe wifi b dan g
- ganti SSID sesuai kemauan Anda.
Untuk SSID Sebaiknya menggunakan Huruf Kecil Semua, dan ganti spasi dengan garis bawah untuk mencegah, beberapa perangkat wifi penerima yang tidak support.
- wireless Channel silahkan dipilih default aja, kecuali ditempat anda terdapat wifi/hotspot lain
Nah, untuk hal ini bisa anda ganti dengan channel yang belum terpakai.
- lalu pilih Save Setting.
- Nah sampai disini, Client yang menggunakan kable & WIFI sudah dapat terkoneksi ke internet.

Untuk mengamankan koneksi WIFI anda, sebaiknya anda memasang security pada wifi anda.
Tipe security anda bisa berupa WEP atau WPA. namun untuk lebih universal pilih saja WEP yang 64 bit. Cara konfigurasinya :
- pilh Menu Wireless - Wireless Security.
- pilih security mode = WEP
- pilih default transmite key = 1
- pilih WEP Encryption = 64 bits10 hex digits
- masukkan passphrase dan klik generate, Maka akan tercipta 4 key untuk akses password wifi anda, silahkan gunakan Key 1, (karena anda memilih defaul transmitenya = 1).
- lalu Save Setting
- Nah koneksi WIFI anda sekarang sudah Secure (dalam artian memiliki password dan terenkripsi).

Cukup itu saja konfigurasi dasarnya, Tidak terlalu sulit khan ????
Berikut beberapa Gambar Panduan konfigurasi diatas :









Kedepan akan saya tambahkan Konfigurasi lebih lanjut. Selamat Mencoba yah....

Category: ,

About Wan Adamsyah Rival Baros:
Adam adalah seorang Profesional Blogger, Online Enteprenuer, Web Designer, Web Developer, IT Support and Trainer. Saya memulai blogging sejak 2006 dan memutuskan untuk menjadi profesional blogger di tahun 2009. Tulisan saya banyak bercerita mengenai Teknologi Informasi dan perkembangannya.

48 comments:

  1. thank alot ya, infonya berguna sekali buat saya yang baru pasang broadband wireless di rumah. yang saya mo tanya nih

    1. Default key jika kita pilih selain '1' gunanya apa ya?

    2. network key tidak berlaku di Mac ya? koneksi di mac tidak dikonfirm Keynya , tiba2 bisa konek aja, brarti ga secure dong...

    3. apa kah router harus terhub dgn 1 pc dalam keadaan ON jika tidak koneksi wireless utk keseluruhannya tidak bisa digunakan?

    duh maap banyak nanya, ga terlalu ngerti teknologi ...
    thnks

    ReplyDelete
  2. trims juga buat dayu,dah mokasi komentar/pertanyaan...

    1. untuk default key, ini digunakan untuk settingan enkripsi di WEPnya. jika dayu memasukkan sebuah passphrase untuk menggenerate keynya maka defaultnya akan tercipta empat buah bilangan 10hex sebagai pass wifinya. nah yang akan digunakan sebagai passnya itu tergantung dari default transmit yang dayu set. jika dayu pilih transmit key yang no 1 maka pass wifi yang digunakan haruslah yang no 1,begitu seterusnya. untuk dayu juga bisa memanfaatkan ke empat key tsb, untuk mengganti wifi keynya dayu sekitar sebulan sekali untuk mencegah hacking WEP.

    2. sepengetahuan saya selama dilapangan, wep key berlaku di MAC. Dan belum pernah saya mengalami ada MAC yang bisa masuk dengan cara biasa (tanpa hack) dan bisa mengakses koneksinya. Ada juga yang posisinya connected tapi tidak mendapat kan IP dari si router. Ato mungking Dayu ada triknya ????

    3. Router semacam linksys sudah merupakan "dedicated router" sehingga dia mampu mengatur dan membagi koneksi ke klien tanpa bantuan pc lain.

    saya harap ini bisa membantu, jika kurang jelas silahkan panjangan thread nya (biar rame hehe....) kalo' ada salah mohon koreksi, maju terus dunia IT.

    ReplyDelete
  3. wah di respon, senangnya. Ok ternyata pertanyaan saya sebelumnya jauh dari standar, maklum...newbie.. inet udah running and sekeluarga suka cita menggunakannya :p ya begitu deh, 1 account bisa rame2 kan bahagia. Tapi rada ga stabil ya? dr routerna ato ISP na, karena kita banyak user ato bagaimana? secara 5 orang pengguna internet kecuali nyokap ...

    ReplyDelete
  4. untuk ketidak stabilan, banyak faktor yang mempengaruhi, contohnya : posisi wifinya yang mungkin jauh dari jangkauan wifi routernya; mungkin bandwidth yang dipakai berlangganan dari ISP cukup kecil, apalagi untuk akses streaming atau game online sangat memakan bandwidth. Link anda ke ISP mungkin kurang optimal. tapi jika semua OK, hal yang sering saya temui dilapangan adalah adanya virus di komputer klien.

    saran saya coba pastikan dahulu bahwa kesemua klien bersih dari virus, lalu coba dahulu semua klien mengakses menggunakan kabel dan masing2 klien coba melakukan ping ke gateway, jika semuanya dalam kondisi baik maka ping masing2 klien haruslah "<" atau "=" 1ms dan kemungkinan putus hanya 0%.
    jika memang mendapatkan hasil yang baik maka disisi anda sebenarnya tidak ada masalah dan seharusnya browsing tidak terganggu, berikutnya coba melakukan hal yang sama tapi klien menggunakan wifi, coba bandingkan dengan berbagai posisi. Saya menyarankan untuk setidaknya klien mendapat tiga bar (quality good) pada wifi kliennya.

    jika semua kondisi bagus tapi masih tetap lambat, anda coba konsultasikan dengan penyedia ISP anda apakah link ke tempat anda optimal atau tidak.

    ReplyDelete
  5. Wah kebetulan nih ngebahas Linksys WRT54G.
    Saya baru aja beli product tsb tapi selalu gagal melakukan setting. Udah 2 metode saya pake yaitu pake setup wizzard dr CD bawaannya dan lewat explorer spt yg Bung Wan ADam jelaskan disini.

    Sebelumnya saya pake ADSL Modem 1 port merk Prolink 9200 series dan gak ada masalah sama koneksinya. Tapi krn kebutuhan utk wireless saya tambahkan Linksys ini tapi yg td saya katakan diatas, selalu gagal... Kira2 masalahnya dimana yah??

    Berikut ini notice box yg muncul pada step ke 10 menggunakan setup wizard

    "the router is not able to connect to the internet. Try turning the cable/DSL modem OFF and back ON again. Do you want to try?"

    Sdh berkali2 saya reset tuh modem dan ganti kabelnya, tapi tetep aja gak bisa.

    Saya juga udah pilih berbagai type internet connection-nya dari DHCP, PPPoE sampai IP Static dan semuanya gagal...

    Klo saya liat di tab status Gateway nya 0.0.0.0
    gimana nih, bisa dibantu mas...???

    Thanks,
    Doddy

    ReplyDelete
  6. kalau boleh saya tahu, bagaimana kah konfigurasi jaringan Saudara disana?

    Jika memang WRT nya dijadikan sebagai server gateway utama, mungkin saudara bisa coba kembali langkah-langkah yang saya buat diatas, tanpa menggunakan wizard.

    saya tunggu kabar dari saudara...

    ReplyDelete
  7. permisi pak...
    nubi mau numpang nanya...kebetulan saya lg nyari2 info ttg linksys & nyasar ke blog bapak.
    1.utk setup linksys wrt54g apa harus make lan card atau lewat kabel ethernet ? bisa gak setup linksys make usb wifi?
    soalnya waktu saya nyoba setup linksys pake cd linksys dan router dihubungkan ke komp pake usb wifi slalu keluar menu password. padahal saya udh masukkan "admin" sbg password defaultnya tapi menu password keluar trus. apa dgn reset password bisa balik lg ke default ?

    2.brarti kalo linksys jadi router, koneksi inet bisa langsung dishare ke komp klien tanpa harus ada komp server dulu sebelumnya ? jadi skemanya (kalo wireless) inet > router > usb wifi > komp klien ?

    3.kalo linksys dijadikan router apa hanya support koneksi sekelas broadband saja ? gimana kalo gprs dishare dgn linksys sbg router ? soalnya saya nyoba share gprs (buat ngetes aja) tapi lampu internet di panel depan router gak nyala...

    sori kalo kebanyakan nanya, maklum nubi
    thx...

    ReplyDelete
  8. 1. Pakai USB Wifi bisa, pastikan User & pass adalah "admin".

    2. Yups.

    3. Koneksi GPRSnya pake Apa? ini direct dari Alat GPRS ke Router atau Dari Modem GPRS-PC-Router ?

    ReplyDelete
  9. ooo...pake usb wifi bisa ya...soalnya ada yg bilang utk setup harus pake lan card. apa jangan2 routernya udh dipasssword ya ? soalnya routernya pinjeman. kalo reset prosedurnya kayak apa sih pak ? apa bener kyk gini : unplug power router, tekan tombol reset, nyalakan power router, masih tekan tombol reset smp 10 detik setelah itu lepas. prosedurnya bener kayak gitu pak ?

    saya pake hape yg dijadikan modem. brarti dari modem > pc > router. tapi saya blom nyoba koneksi ke komp lain kok. cuman saya liat lampu inet di panel depan kok gak nyala, yg nyala cuma lampu wlan aja.

    btw punya bapak firmwarenya versi brapa ? udh nyoba update firmware blom pak ? kalo udh, kira2 fitur2 tambahan setelah update firmware apa aja ? router di tempat saya v 1.0. ada yg bilang setup v 1.0 emg rada susah ya. trus kalo setup router apa harus terhubung ke internet kalo mau web based setup ke 192.168.1.1 ?
    thx...

    ReplyDelete
  10. 1. USB wifi disini dimaksudkan, koneksi ke wrt nya melalui wifi dengan perantara USB wifi di klien. Yang sering saya lakukan untuk reset default: pada kondisi nyala, tekan tombol reset dibelakang dengan menggunakan pinset atau yang lain, dan tunggu sampai wrtnya restart (lampu mati dan menyala lagi) prosesnya kurang lebih 5 detik, lalu cabut kembali alat reset/pinset.

    2. untuk koneksi GPRS ada dua metode yang umum :
    a. menggunakan modem(GPRS+RJ45)langsung ke WRT54G (produknya yang saya kenal merek DLINK).

    b.yang kedua melalui modem-pc-router (namun koneksi dari PC ke Router menggunakan kabel Cross)

    3. untuk firmware, saya udah pake semua varian , sampai yang DDWRT atau Open WRT (open source). Untuk penjelasan fitur apa saja dari firmware, bisa dilihat dari situs mereka ketika anda download, yakni di link download. untuk setting ke 192.168.1.1 (default web konfignya) tidak harus terkoneksi ke internet.

    trims

    ReplyDelete
  11. bos mau konsul nih
    sy punya network di kantor (WAN), terdiri dari 3 kampus,kita pingin pasang hotspot di kampus1, beli deh Linksys wrt45g ver.7, kita pake astinet telkom,ini alur network,dari telkom lewat limiter (mikrotik) trus masuk ke router (mikrotik) kampus1 IP 192.168.1.1 (IP Gateway) semua IP 192.168.1.xxx jika ingin koneksi internet gateway ke IP 192.168.1.1.
    saya coba setting linksys, internet connestion=DHCP,local IP address=192.168.1.21,255.255.255.0,DHCP Server enable,starting IP addres 192.168.1.101,GMT+7, wireless saya setting=Mixed,ssid=xxxxx,chanel=2,462GHz,linksys saya ping pake wifi laptop oke tapi dapet 7-16ms, sinyal excellent, trus saya colokkan ethernet linksys pake kabel striat ke swicht network saya, lalu saya coba ping ke gateway 192.168.1.1 request timed out.....mohon pencerahannya....trimakasih

    ReplyDelete
  12. oke... maaf saya kurang yakin, tapi saya lihat konfigurasinya seperti ini ?

    [inet]-[mikrotik]-[mikrotikkmps1]-[wrt54g]-[switch]-[Klien]

    trus, Mikrotik disini bertipe apa ? apakah Radio atau server...???? jika server, menurut saya akan lebih baik jika DHCP server langsung dari Mikrotik+aktifin Hotspot. Tapi jika Radio berarti konfnya bisa diterima. hehehe...

    jika dari WIFI bs terkoneksi, seharusnya dari Via kabel juga harus bisa. Coba cek terlebih dahulu apakah sisi klien berhasil mendapatkan IP jika diset Outomatic, dan cek juga apakah ada masalah diportnya.

    BTW dari WRT54G ke Switch via port LAN kan, bukan port WAN wrt?

    akan lebih baik jika diberikan gambaran networknya yang lebih lengkap.

    Trims
    wanadamsyah

    ReplyDelete
  13. trima kasih dah nyempetin ngrespon...kebingunan ku....
    begini gambaran network lengkapnya
    kantor kami ada 3 kampus yang berbeda masing2 berjarak 1 km
    masing2 kampus terhubung dengan radio point to point, masing2 kampus menggunakan mikrotik router board rb133+ antena grid
    [mikrotikKps1]-[mikrotikkps2]-[mikrotikkps3]
    masing2 kampus mempunyai network sendiri2, IP kampus3 memakai 192.168.3.xxx, IP kampus2 memakai 192.168.2.xxx, IP kampus1 memakai 192.168.1.xxx
    gateway kampus1 192.168.1.1
    gateway kampus1 192.168.2.1
    gateway kampus1 192.168.3.1

    link inet (astinet) berasal dari kampus3, saya berada di kampus 1,
    [inet]-[PCmikrotik/limiter]->[mikrotikkmps3/radio/router]-> [mikrotikkmps2/radio/router] [mikrotikkmps1/radio/router]->[switch]- [wrt54g]-[Klien/wifi]
    di kampus1 ingin bisa akses inet pake hotspot area, wrt54g sebagai antena hotspotnya, selama ini akses inet via kabel utp lewat switch.

    PCMikrotik sebagai limiter
    Mikrotikkps1 sebagai Radio dan difungsikan sebagai router
    Mikrotikkps2 sebagai Radio dan difungsikan sebagai router
    Mikrotikkps3 sebagai Radio dan difungsikan sebagai router

    Selama ini pake teknisi dari luar....saya ingin belajar network

    ***
    Kemarin WRT54G ke Switch via port WAN wrt...salah za mas....he.he.he

    Oke nanti saya coba setting DHCP server langsung dari Mikrotik+aktifin Hotspot

    Kemarin WIFI bs terkoneksi tapi kalo ping ke gateway request time out

    sisi klien berhasil mendapatkan IP jika diset Outomatic
    saya coba pake laptop dapet ip 192.168.1.100
    starting IP address di linksys saya setting 192.168.1.100

    maaf kalo kurang jelas penjelasan gambaran network di kantor kami...
    saya sangat berharap solusi...
    hanya Tuhan yg bisa membalas
    terima kasih mr. wanadamsyah

    ReplyDelete
  14. Dari pengamatan saya, masalah Anda hanya ada di kampus1 yaitu mengenai hotspot. Dan hotspot disini adalah akses WIFI yang open hotspot.

    Gini aja mas, biar gampang. Untuk kampus 1 topologinya :

    * Mikrotik Router menjadi DHCP server
    setting aja WRT54G menjadi switch/hub seperti artikel saya sebelumnya, lihat disini.
    [mikrotikkmps1/radio/router]-->(LAN)[wrt54g](LAN)-->[switch]-->[Klien/wifi]

    * WRT54G menjadi DHCP server
    setting WAN WRT54G 192.168.1.254/24 GW 192.168.1.1 DNS sesuai ISP anda.
    setting LAN WRT54G 192.168.100.254/24 atau pilih kelas A 10.10.0.254/24 (hal ini diperlukan karena WRT54G dijadikan sebagai Gateway router jadi LAN harus beda network dengan mikrotik.
    [mikrotikkmps1/radio/router]-->(WAN)[wrt54g](LAN)-->[switch]-->[Klien/wifi]

    Atau yang lain mo kasi saran ???

    trims,
    wanadamsyah

    ReplyDelete
  15. Pak Admin mau tanya nih, saya pake model ADSL prolink Huricane 9200R 1 Port n baru beli Wrt54g. berhubung saya pelanggal speedy time base ada beberapa pertanyaan yang mau saya tanyakan pak:
    1. bagaimana mengfungsukan modem sebagai brige, router(wrt54g) sebagai dial.
    2. jadi coneksi internet dilalukan di router /setelah wifi conect denga PC or Laptop

    mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  16. Sebelumnya saya mohon maaf, karena belum bisa kasi jawaban yang lengkap. kebetulan, Untuk ADSL Prolink Huricane 9200R saya belum pernah setting. Jadi untuk menyetingnya saya nggak bisa bahas. tapi saya janji akan posting dengan lengkap.... ditunggu yach.

    setingan bridge di speedy, udah banyak bertebaran di google.com, jadi anda boleh pilih mana yang sesuai. (soalnya saya takut, ntar lari bahasannya dari judul diatas, hehehehe)

    namun untuk mengkondisikan WRT54G menjadi dial akses. Coba anda ganti, Connection Typenya menjadi PPPoE, isi username dengan username speedy anda, begitu juga untuk password. Service name, bisa anda isi dengan "Telkomspeedy" atau terserah.... :D

    settingan yang lain coba buat standar saja. semoga membantu.

    ReplyDelete
  17. pak mau numpang tanya lagi...
    saya baru aja ganti setting web based wrt54g jadi lewat https. yg http saya disable. masalahnya sekarang kok jadi gak bisa setting web based lagi ...padahal settingan ip masih sama kayak sebelumnya.

    router diping juga masih reply...tp masalahnya malah jadi gak bisa setting web based lagi.

    minta solusinya dong pak...
    thx

    ReplyDelete
  18. coba akses via browser dengan url : https://xxx.xxx.xxx.xxx/

    xxx ip address routernya.

    ReplyDelete
  19. @ blogger insyaf
    saya udah setting ip propertiesnya. ip address komputer sama ip router. settingan yg saya ganti dari router (lewat ketikkan ip router di browser sebelum web based via http gak bisa diakses lagi) ya cuman setting web based via https. tapi ttp aja gak bisa....

    ReplyDelete
  20. seharusnya tidak ada masalah jika :

    Access Server : HTTPS
    Wireless Access Web : Enable

    lalu ketik URL : https://192.168.1.1 (ip router)

    jika masih belum bisa :
    # Akses dengan Internet Explorer, atau pastikan settingan security standar dan javascript di enable pada browser.

    # Atau Coba akses via kabel, langsung ke port LAN.

    # Atau coba akses via kabel cross, langsung ke port WAN, jika port WAN sudah disetting IPnya.

    # jika tidak membantu jika, mungkin ada baiknya untuk mereset router tersebut.

    semoga membantu.

    ReplyDelete
  21. Postingnya bagus sekali,.. tapi bisa tidak saya dikasih step by step untuk shre internet dengan wrt54 dengan media wifi. jadi gambaranya [(laptop1 online internet dgn gprs)]----> [wrt54] <---- [(laptop2 = client)]. semuanya memakai wifi.

    semoga paham maksud saya. dn terima kasih sebelumnya. ( iwan )

    ReplyDelete
  22. Mohon pencerahan :
    1.bagaimana untuk setting membuat domain menggunakan Linksys WRT54

    2. Bagaimana kita bila ingin mengakses comp yang ada dalam 1 LAN di wrt54 tsb

    Terima kasih

    ReplyDelete
  23. Sebelumnya maaf, kalo saya lama membalas....

    @Mas Iwan : pada laptop satu, aktifkan dan koneksikan akses GPRS.

    - buka propertis my network places, dan aktifkan sharing connection untuk koneksi GPRSnya.

    - hubungkan port wan WRT dengan Port Lan laptop dengan kabel RJ45 cross.

    - setting WRT, seperti diatas, untuk ip wan, masih 192.168.0.x (default ICS Windows)

    - aktifkan fitur wifi, dan akses wifi dari laptop 2.

    semoga membantu

    ReplyDelete
  24. @randif :

    1. Maaf, mas... saya kurang mengerti domain yang anda maksudkan, apakah itu maksudnya local domain ???

    2. jika memang sudah terkoneksi ke WRT, baik itu dengan wifi atau kabel. anda bisa mengaksesnya via network neighberhood atau langsung akses dengan metode url (ip).

    ketikan saja ip lan yang ingin diakses. contohnya : //192.168.1.x/ di URL explorer. dengan catatan file sharingnya sudah aktif dan filtering firewallnya diset atau di offkan.

    mohon ditanggapi ya mas, agar kita sama-sama dapat solusi.

    ReplyDelete
  25. @ Admin:

    Sy pny masalah kyk mas anonymous bin dony (april 28, 08), semua sepertinya sdh dicoba, step2 yg dikasih Wan jg sdh dicoba

    "WRT nya dijadikan sebagai server gateway utama,"

    mksdny gmn tuh? wrt-ny g disambung k modem?? g paham dalem2ny kom T_T

    thx,
    ical

    ReplyDelete
  26. @anonymous : aduh saya nggak suka nyebutin "anonymous" kesannya gimana gitu, lain kali biar enak dibuat aja ya mas nicknya.

    ok, jadi gini, seperti yang dikatakan mas doddy, saya sendiri kurang paham configurasinya. tapi saya lihat mungkin....

    [modem]-->[WRT54G]-->[LAN]

    nah jika memang seperti diatas, akan ada dua metode, (misal untuk speedy).

    1. modem sebagai dialing rule + router gateway, sehingga WRT54G bertindak sebagai AP dan Swicth aja atau Gateway dibawah modem.

    2. WRT54G sebagai dialing rule, sehingga settingan user, pas untuk dial berada pada WRT54G, caranya ada comment diatas.

    Atau justru WRT54G yang digunakan yang bertipe ADSL, sehingga saya sebutkan
    "WRT nya dijadikan sebagai server gateway utama,"

    ReplyDelete
  27. Pak Admin
    Mohon bantuan, saya sudah bisa connect
    modem fastnet+wifi router linksys wrt54g2 + laptop.

    Sekarang saya mau connect ke pc:
    modem+router+pc supaya bisa share ke laptop
    akan tetapi ternyata dari laptop tidak bisa karena tibi2 muncul "internet gateway" pada network connection yang kalau dilihat dalam properties hanya mengijinkan beberapa website saja untuk di access.

    Pertanyaan:
    bagaimana menghilangkan "internet gateway"
    Terima kasih untuk waktu dan taggapannya.
    Deasy

    ReplyDelete
  28. @mbak deasy:
    saya kurang bisa memahami maksud "internet gateway" yang anda sebutkan, tapi coba deh anda delete saja internet gateway tersebut, jika masih bermasalah mohon kirim "skrinsyutnya" ke email saya : wanadamsyah@hotmail.com, dan kabari saya juga sudah dikirim.

    thanks

    ReplyDelete
  29. baik mas.. terima kasih sekali, segera saya kirim.. yahoo id saya drenita_iklan at yahoo.com

    ReplyDelete
  30. boss mau nanya nih
    saya coba setting internet pake modem adsl (comtrend) melalui clarck connect server sebagai gate way, terus saya mau nambahai broadbnd router linksys wrtg ...gimana settingannya ya mas

    ReplyDelete
  31. maaf mas, saya kurang mengerti maksud Anda, WRT nya mo dijadikan sebagai apa yah?

    ReplyDelete
  32. pak. saya punya masalah nih. mohon bantuannya ya.

    saya baru saja seting linksys wrt54G di kantor saya dan sukses berjalan dengan normal. tapi ke esokan harinya ketika saya hidupkan lagi komputer, speedy, dan router linksys nya. selalu restart dalam waktu tidak tentu. padahal stavolt dan volt meter ku tidak menunjukkan adanya naik turunnya tegangan listrik.

    ReplyDelete
  33. @ekyanto@gmail.com : Kalau boleh saya tau, Komputer, Modem Speedy, Linksys mendapatkan power dari satu supply nggak, semisal UPS gitu? karena kemungkinan supply listrik kurang. Atau jika tidak, apakah kejadian serupa pernah terjadi ketika Linksys tidak digunakan? Mungkin anda bisa coba, matikan dahulu satu persatu.

    kabari saya perkembangannya ya

    ReplyDelete
  34. pak mau nanya sedikit,
    saya pake Linksys wrt54g dengan konfig

    Klient wired
    |
    |
    |
    wless--->mikrotik------>switch--->linksys---->klient wless

    dengan konfig IP :wless --> mikrotik 10.2.45.xx/30
    ip lokal 192.168.100.yy/24 (hanya menggunakan IP ini yang boleh konek ke internet, mengingat ini adalah ip "jatah" buat kita.

    yang saya tanyakan, dengan linksys wrt54g yg saya punya bagaimana cara setting (detilnya) agar client wless dan wired tetep dengan ip 192.168.100.yy/24, menginggat wrt54g tidak mempunyai pilihan sebagai "bridge" apabila emang harus routing maka mohon di ajari cara ngisi wrt pada setting routingnya pak.
    sebelumnya terima kasiih banget.

    ReplyDelete
  35. klient wired adalah dr switch pak mohon maaf bila gambar agak kacau

    ReplyDelete
  36. ekyanto :

    semua (komputer, modem SPeedy, WRT54G dan Printer) dalam 1 jalur kabel listrik. dengan di hubungkan lebih dulu ke Stavolt motor 500VA dan UPS 1000VA. Ketika sebelum ada notebook/laptop yang mengakses lewat jalur wifi. koneksi aman-aman saja. tapi ketika ada notebook yang nyala langsung restart tiap -+ 3 menit.

    ReplyDelete
  37. @bisnisku : mohon maaf pak Ekyanto, saya sendiri baru mendengar hal yang seperti ini, sementara saya akan coba dahulu apakah benar bisa seperti itu. Jadi sementara saya belum bisa kasi jawaban, mungkin ada rekan pembaca yang bisa bantu ???

    ReplyDelete
  38. wah udah banyak comments nya, serem2 pertanyaannya.jadi malu...
    mas, ada 3 pc yang konek, ada salah 1 pc yg kalo nyala terakhir, pc gue akan ada ballon, "conflig IP" , begitu jg di komputer yang laen itu kalo pc gue belakangan yang nyala ...trus sempet diskonek inetnya, dan mesti restart ...baru deh bisa online semuanya...ada solusi ga? pasti ada :p~~~

    mas kok web nya restart mlulu gitu... gue jadi cape ngetik mesti ngulang2 ...?

    ReplyDelete
  39. @Dayu : Hallo mas Dayu, dah lama nggak ke sini. ya..ya... saya minta maaf kalo belakangan web saya sering refresh sendiri, kemaren temen saya yang utak-atik buat test template. Lupa saya suruh buang lagi. hehehehe....

    untuk masalah mas dayu, seperti nya ada "IP Conflict" atau "broadcast" deh. itu kliennya konek pake kabel atau WIFI semua yah? trus ipnya dibikin manual atau DHCP? coba dicek ada yang broadcast nggak?

    caranya :
    - pastikan semua terbebas dari virus.
    - pastikan semua pakai DHCP (dynamic IP) atau coba semuanya set manual, tapi jangan ada yang ipnya sama dengan ip lokal router.
    - kalo pakai HUB/Switch tambahan, coba direstrat hub/switch ketika ada masalah.

    semoga membantu.
    wanadamsyah

    ReplyDelete
  40. Bang adam, maaf ganggu, saya anak baru mo nanya, ditempat saya ada wifi yang unsecure, skr yang saya tanyakan, saya pake linksys 54GL, saya pingin bisa connect, gimana cara setting & konfigurasinya.
    kasih pencerahanya yaaaa? ato tutoial dasarnya

    ReplyDelete
  41. Hello para master, di daerah saya ada jaringan wifi dan saya dah bisa konek n browsing, saya pake router wrt 54g gimana cara konfigurasi biar lynksys saya menjadi AP sekaligus Klien....? di mohon para master sudi menolong. dan kasih tutorialnya yang komplit makasih sebelumnya kepada para master yang budiman...
    bisa kirim ke Ulay04@yahoo.com

    ReplyDelete
  42. Wah, banyak yang nanya nih.
    saya baru aja mau pasang wifi, jadi semoga tutorialnya bisa diterapkan. dan siap bertanya kalau ada masalah. hehehe.....

    Maju terus....

    ReplyDelete
  43. Nanya juga .. saya dah setting dan wirles security nya menggunakan wep. untuk client yang mengunkan OS win Vista, tdak menemukan masalah keitika konek tapi untuk client dengan OS win XP slalu password (network key) di tolak .. Knapa yah ..padahal di OS Win Vista berjalan dengan baik ? ? ? Pencerahannya dunk ..he..

    ReplyDelete
  44. @pryo pamungkas : saya belum pernah mengalami hal ini, tapi coba "try n error" dulu untuk WEPnya, mungkin dengan 64 bit saja. atau coba test dulu dengan tidak menggunakan key untuk connect(open)

    ReplyDelete
  45. saya mau tanya sama admin,
    di kantor saya coba reset linksys nya gara2 lupa username sama password,maksudnya mau masang password wifi.
    Nah tapi setelah direset dan disetting berdasarkan panduan yg ada di CD justru muncul masalah dengan wifi nya,apabila wifi dihidupkan LAN nya justru tidak mau jalan meski statusnya connected. itu pun tidak lancar wifi nya,terkadang putus walau statusnya connected sehingga harus di disconnect lalu connect lagi.
    Apa saya salah pada saat setting ya? Mohon bantuannya admin, terima kasih.

    ReplyDelete
  46. mohon bantuannya master-master..saya sudah seharian setting di linksys wrt54g2
    topologinya WIRELESS
    modem(adsl speedy)->linksys wrt54g2 -------------> linksys wrt54g2
    bagaimana cara aktifkan point to point??
    tolong....diajarkan dengan gambar setup nya soalnya saya masih newbie
    hardika.n.i@gmail.com

    ReplyDelete
  47. Great job!
    This post is very use-full and help-full for linksys router...
    Thanks for Sharing the useful information with us...Keep It Up!!!
    More info:- Linksys Router Support

    ReplyDelete