Mengubah WRT54G menjadi Switch/HUB plus WIFI Acces Point

Unknown | 6:06:00 PM | 3 komentar

Kemarin ada Customer Saya yang mengupgrade Router yang sebelumnya WRT54G menjadi Mikrotik router, hal ini dilakukannya sebagai expansi jaringan yang lebih komplex. Namun, kemudian Ia menanyakan pendapat saya, tentang Linksys WRT54G yang Ia miliki.

Langsung aja Saya beri Ia 2 pilihan, pertama : "jual aja pak ?" & ia jawab "Kan susah pak ?" (ia juga sih) ;

yang kedua : "atau kalo' nggak kita jadikan switch/hub plus wifi AP?". Dia langsung membalas ... "emang bisa ya ?".

Nah, seperti Postingan sebelumnya, tentang konfigurasi dasar WRT54G sebagai server gateway. Saya ingin menyampaikan juga bahwa selain berfungsi sebagai router gateway, WRT54G juga bisa menjadi HUB/SWITCH plus Wireless AP. Gimana Caranya.... gampang banget kok.


Anda tinggal masuk ke menu settingan. Untuk langkah masuk ke menu silahkan merujuk ke postingan sebelumnya. Nah, karena WRT54G ini hanya ingin kita jadikan sebagai Switch/Hub+wireless maka point terpenting yang harus kita lakukan adalah :

  • mendisable fungsi gateway router tersebut, dengan menyeting WAN menjadi DHCP & tidak menggunakan portnya.
  • mendisable fungsi DHCP router untuk Client. (membiarkan server utama yang memberikan ip atau untuk jaringan yang harus menggunakan konfigurasi manual).
Nah, jika semua sudah selesai dan tersimpan. Anda sudah dapat memanfaatkan Router tersebut sebagai Switch/Hub 4 Port (PORT LAN saja yg digunakan, WAN tidak berfungsi), dan wirelessnya sebagai Switch Acces Point.

Untuk WIFInya tetap dapat memanfaatkan fungsinya seperti biasa, contohnya untuk security.

Category:

About Wan Adamsyah Rival Baros:
Adam adalah seorang Profesional Blogger, Online Enteprenuer, Web Designer, Web Developer, IT Support and Trainer. Saya memulai blogging sejak 2006 dan memutuskan untuk menjadi profesional blogger di tahun 2009. Tulisan saya banyak bercerita mengenai Teknologi Informasi dan perkembangannya.

3 comments:

  1. step2 nya boss gmn..
    thanx

    ReplyDelete
  2. maaf pak. mau numpang tanya.
    ada 3 gedung, sebut saja A, B, C.
    di gedung A terdapat WRT54G, targetnya adalah disambungkan dengan gedung C. apabila gedung C dipasangkan WRT54G lagi, apakah bisa user gedung C menyambung ke gedung A menggunakan WRT54G gedung C menggunakan wifi?
    atau harus dibuat 1 Access point lagi?
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  3. @anonymous : bs pak, caranya tarik kabel "straight" dari WRT54G di gedung A ke gedung C melalui port LANnya. Ingat, port yang digunakan adalah port LAN, port WAN di gedung C jangan digunakan.

    Settingan :
    # WRT54G - C, WAN biarkan Automatic saja, dan jika WRT54G - A diaktifkan DHCP servernya maka matikan DHCP server WRT54G - C.

    ReplyDelete