Unknown |
3:37:00 PM |
0
komentar
Artikel kali ini adalah lanjutan dari artikel Saya sebelumnya "Mari Membuat Email Sendiri di Yahoo.com, Gampang dan Cepat koq !!!" dan Serba-serbi Menerima Email dengan yahoo.com terbaru, Jika kemaren kita sudah mengerti bagaiman membuat akun email di yahoo.com dan juga menggunakan akun email itu untuk membaca/menerima email, maka kali ini saya ingin bicara tentang serba-serbi mengirim email dengan menggunakan layanan Yahoo.com yang sudah anda miliki.
Login/Sign in Mail Yahoo!!!
Dengan catatan Internet sudah UP
- Buka web browser Anda, dan browsing halaman http://mail.yahoo.com/
- masukan Yahoo ID dan password lalu enter atau klik "sign in".
Membuat email baru / Compose Email :
- Klik tombol New (yahoo beta) atau Compose (yahoo classic).
- Isi "To" dengan alamat email tujuan anda.
- CC = carbon copy , dialamatkan kepada orang yang perlu mengetahui info yang kamu sampaikan kepada TO address, misalnya : supervisor atau atasan kita, atau orang lain yang mengetahui hal yang kita sampaikan tetapi tidak terlibat langsung.
- BCC : Black Carbon copy , ditujukan untuk orang yang perlu tahu info yang kamu sampaikan tetapi pihak ke2 atau TO yang kamu kirimi e-mail tidak perlu tahu akan hal ini.
Penerima BCC letter dapat mengetahui kepada siapa kamu kirim e-mail tersebut tanpa dia tahu bahwa orang ke-3 dalam BCC kamu membaca e-mail yang dikirim. (namun CC dan BCC bersifat Optional atau tidak harus diisi.
- Isi "Subject" dengan judul email yang ingin Anda kirim.
- lalu silahkan ketik isi pesan yang ingin anda sampaikan di kolom isian email (berada di bawah, berbentuk form lebar). Anda bisa menggunakan fungsi editing text standar seperti Bold, italic, underline, smiley, pewarnaan dll. Anda juga bisa mempaste isi file word atau gambar yang sudah anda siapkan sebelumnya. (format diatas akan bekerja jika anda berada mode "Rich Text", tapi jika mode "Plain Text" maka isian form hanya bisa berupa text saja).
- Klik tombol "Attach" jika Anda ingin menyertakan sebuah file yang akan disisipkan sebagai dokumen tambahan dari email yang Anda buat. File tersebut umumnya diberi batasan sebanyak 8 - 10 Mb per email (satu kali pengiriman), namun saya yakin akan terus membesar untuk kapasitasnya. Tips : gunakan winzip/winrar untuk menyatukan/menggabung beberapa file/dokumen yang ingin anda sertakan.
- "Send" klik tombol send jika anda sudah siap mengirim Email tersebut. Atau klik tombol Save Draft jika Anda hanya ingin menyimpannya sebagai konsep atau mungkin Anda belum siap untuk mengirimnya.
- jika proses pegiriman berhasil, maka email tersebut akan tercatat difolder "Sent", dan umumnya anda akan ditawarkan untuk menyimpan alamat email tujuan tadi agar tercatat di Kontak Email Anda (jika belum tersimpan sebelumnya).
- Folder "Drafts" berisi konsep2 email yang sudah pernah anda tulis namun tidak sempat anda kirim dan sudah tersimpan secara Auto (Autosaved), atau konsep2 tersebut memang sengaja anda simpan.
Saya kira itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai proses mengirim sebuah email untuk kali ini, simple saja bukan? walaupun begitu saya akan coba tambahkan lagi dipostingan ini atau postingan saya kedepan jika masih ada yang perlu ditambahkan.
Semogs Bermanfaat
blogger insyaf
Category:
TUTORIAL
0 komentar